4 Cara Kembangkan Keterampilan Pemasaran

Kegiatan pemasaran telah berkembang banyak selama dekade terakhir. Di era perkembangan teknologi, banyak kesempatan datang di dunia pemasaran, terutama dalam hal karir. Kesempatan ini pun harus dimanfaatkan.

Keterampilan sendiri merupakan titik tumpu dalam lintasan karir. Untuk pemasar, keterampilan dalam marketing harus mencakup pembangunan infrastruktur pemasaran, proses dan keterampilan untuk membuat konten hingga menganalisis hasil.

Melansir dari marketingland.com, Jumat (25/3/2016) berikut 4 keterampilan marketing yang bisa membawa karir Anda ada satu tingkat lebih maju.

Memahami Teknologi

Sebesar 39 persen dari eksekutif pemasaran mencari bakat di bidang teknologi digital dan operasi pemasaran teknologi. Keterampilan teknologi mengarahkan keterlibatan pemasaran melalui marketing automation, prediksi analitis and SEO.

Teknologi pemasaran terus berkembang seiring waktu. Untuk bisa beradaptasi, pemasar harus memiliki pengetahuan tentang komponen-komponennya agar dapat saling mencocokkan. Tanpa keterampilan di bidang teknologi, pemasar akan terbatasi ruang geraknya.

Memperluas Kreativitas

Salah satu tanggung jawab bagian marketing adalah mengetahui perubahan dalam pasar. Mereka akan dihadapkan dengan berbagai tantangan. Pemasar yang ingin bertahan harus mencari cara untuk memecahkan masalah secara kreatif.

Misalnya, pemasar membutuhkan keterampilan kreatif dalam menganalisis data untuk menentukan saluran yang digunakan untuk berkomunikasi. Dengan begitu, dia akan mempertahankan relasi yang baik dengan konsumen. Kreativitas diperlukan untuk mempertahankan integritas brand.

Asah Kemampuan Analitis

Salah satu tren analisis dalam pemasaran adalah data mining dan analisis untuk mencari tahu apa yang pelanggan lakukan dan memprediksi kejadian di masa depan.

Kemampuan analitis diperlukan untuk memvalidasi dan menyelidiki data-data di pasaran. Keterampilan ini juga termasuk transisi dari analisis intelijen, mengendalikan pelanggan melalui metadata dan memahami pelanggan dari berbagai perspektif.

Asah Kemampuan Komunikasi

Hampir setiap pekerjaan memiliki persyaratan untuk bisa melakukan komunikasi secara tertulis dan lisan. Ini dikarenakan komunikasi menjadi hal penting dalam menentukan dan melaksanakan strategi organisasi. Keterampilan komunikasi yang kuat adalah kunci untuk keberhasilan pemasaran. Dengan komunikasi lisan meupun tertulis akan memperjelas tujuan, tanggung jawab, bahkan rencana kesuksesan.

 

tag info : http://bisnis.liputan6.com/read/2466178/4-cara-kembangkan-keterampilan-pemasaran

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *