CHARITY of SKANSA

char1

Aksi peduli bencana Palu,Sigi Donggala Sulawesi Tengah digelar di halaman SMK N 1 Sukoharjo, Acara dengan tajuk SMK N 1 SUKOHARJO CHARITY. AKSI PEDULI BENCANA PALU, SIGI, DONGGALA, SATU DUKA JUTAAN DOA.

Dilaksanakan pada hari Jum’at, 5 Oktober 2018. Acara tersebut bertujuan untuk menanamkan karakter peserta didik agar memiliki jiwa peduli dengan sesama yang tertimpa musibah diseluruh negri.Kegiatan ini diisi dengan pentas amal berupa baca puisi dan lagu yg diisi oleh perwakilan kelas.Acara ditutup dengan penggalangan dana dan doa bersama.

char2

char3

char4

Kegiatan Tengah Semester 1 tahun 2018

kts1

 Kegiatan tengah semester ini dilaksanakan pd Rabu s.d Jum’at, 26 s.d 28 September 2018 yang bertemakan “HEAVENSS” yaitu Healthy Art Even Sport Skansa.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengisi classmeeting, dan kegiatan ini terdiri dari lomba PBB, lomba Futsal Putra&Putri,  Lomba Basket Putra&Putri,  Lomba Tenis Meja Pa/Pi,  Lomba supporter, Lomba desain grafis, Lomb kreatifitas barang bekas, Lomba estafet kardus, dan lain lain.

Kegiatan ini diikuti oleh semua siswa kelas X dan XI.

kts2

Terdapat pensi yg diisi perwakilan setiap kelas.Terdapat juga pertunjukan angklung dri ekstrakulikuler angklung di SMK N 1 Sukoharjo. kts3

LKDO 2018

lkd1

Latihan Kepemimpinan Dasar Osis ( LKDO) adalah sebuah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. Pelatihan ini biasanya yang diberikan oleh Pengurus OSIS lama kepada calon Pengurus OSIS baru, Acara ini dilaksanakan pada hari Jum’at s.d Sabtu, 31 Agustus s.d 01 September 2018 di Tawangmangu Resort.

lkd2

Ada beberapa guru pembina dan pengisi materi dari KORAMIL Bendosari untuk menambah wawasan.

lkd3

LKDO FISIK yang dilaksanakan dengan melakukan pendakian pegunungan di sekitar Tawangmangu Resort. Kegiatan tersebut dilakukan dengan membentuk kelompok yg diharapkan bisa menjaga kekompakan saat diberi perintah dari purna OSIS.

lkd4

Musyawarah Perwakilan Kelas (MPK) 2018

mpk1

Diselenggarakan di aula smk n 1 sukoharjo,acara tersebut pembentukan susunan kepengurusan OSIS yang dihadiri perwakilan kelas, PembinaOSIS, dan  seluruh pengurus osis.

mpk2

Diselenggarakan di aula SMK NEGERI 1 SUKOHARJO pd hari Kamis, 23 Agustus 2018 ,acara tersebut pemilihan ketua osis dan wakil ketua osis dengan dihadiri perwakilan kelas, Pembina osis,dan seluruh pengurus osis ,dengan dibimbing oleh Pembina osis SMK N 1 SUKOHARJO.

mpk3

Diselenggarakan di aula SMK N 1 SUKOHARJO ,acara tersebut dibuka oleh bapak kepala sekolah SMK N 1 SUKOHARJO , yang di hadiri perwakilan kelas , Pembina osis, dan seluruh pengurus osis dan dilanjutkan acara musyawarah perwakilan kelas.

MPLS Tahun Pelajaran 2018/2019

mpls1

Pengenalan Lingkungan Sekolah pada tahun ajaran ini (2018/2019) diselenggarakan dengan jadwal yang tertata rapi berdasarkan “Juknis MPLS” Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Serangkaian Acara 3 hari dibuka dengan Upacara Pembukaan MPLS yang dipimpin langsung oleh Kepala SMK Negeri 1 Sukoharjo , Drs. Mujiono. (16/07)

Lebih lengkapnya, MPLS bertujuan untuk membantu siswa beradaptasi terhadap lingkungan sekolah yang baru. Selain itu, MPLS juga bertujuan menumbuhkan motivasi dan semangat belajar baru bagi siswa. Dari kegiatan ini diharapkan siswa dapat menaati peraturan yang ada di SMK Negeri 1 Sukoharjo. Dengan tertanamnya sikap mental, spiritual, budi pekerti yang baik, bertanggung jawab, toleransi, dan berbagai nilai positif lain pada diri siswa sesuai visi dan misi SMK Negeri 1 Surakarta.

mpls2
penyematan tanda peserta MPLS SMK Negeri 1 Sukoharjo

 

Gerakan literasi oleh peserta MPLS yang bekerjasama dengan koran Solopos

mpls3

Gerakan literasi sekolah bertujuan untuk membangun siswa-siswi SMK N 1 Sukoharjo agar gemar membaca. Selain itu, gerakan literasi atau budaya membaca bertujuan untuk menumbuhkembangkan budi pekerti, membangun ekosistem literasi sekolah, menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran, mempraktikkan kegiatan pengelolaan pengetahuan, dan menjaga keberlanjutan budaya literasi. Gerakan literasi kali ini SMK N 1 Sukoharjo bekerjasama dengan koran Solopos.

 

mpls4

Pemberian materi kepada peserta MPLS

Beberapa materi yang disampaikan kepada para Peserta MPLS adalah sebagai berikut:

  1. Materi Lingkungan Hidup
  2. Kesehatan Remaja
  3. Narkoba dalam Remaja
  4. Pembinaan umum
  5. Etika dan Berbahasa
  6. Kedisiplinan dan Kejujuran
  7. Kesiswaan dan Berorganisasi
  8. Kepemimpinan
  9. Cinta bangsa dan Negara
  10. Pendidikan karakter dan motivasi
  11. Ketaqwaan kepada Tuhan YME
  12. Koperasi
  13. Wawasan satya mandala

Dalam hal pemberian materi, Pihak SMK Negeri 1 Sukoharjo juga bekerjasama dengan Tim BNN Sukoharjo, Tim Puskesmas Bendosari, Tim Kepolisian Bendosari, serta Tim dari Dinas Lingkungan Hidup sebagai narasumber beberapa materi. Bahkan menurut jadwal, pada hari yang kedua (17/07) adalah waktu dimana setiap Ekstrakurikuler melakukan “Unjuk Gigi” di depan seluruh Peserta MPLS guna menjaring anggota baru.

CARA MENGATASI SERANGAN VIRUS

Virus memang sangat menyebalkan, sebenarnya banyak akibat dari virus yang sangat fatal, dan dapat menyusahkan anda. Sebagai contoh
– virus dapat menggandakan dirinya dengan sangat mudah tanpa sepengetahuan anda
– virus bisa memakan memory yang tersedia pada harddisk anda karena dengan mudah menggandakan dirinya bahkan tak tanggung-tanggung virus bisa memakan free space hdd anda sampai bergiga-gigabite
– Data-data penting anda akan hilang dengan sangat mudah

Untuk mengetahui apakah komputer anda terkena virus atau tidak, perhatikan gejala-gejala komputer anda. Inilah gejala-gejala yang biasanya terjadi jika komputer terkena virus :

– Komputer mulai berjalan sangat lambat, ini juga bisa terjadi karena banyaknya shortcut program yang anda install dan berjalan di background
– Munculnya file-file aneh di folder tertentu. Misalnya file yang bernama sama dengan file dokumen atau nama folder
– Komputer sering restart atau mati sendiri sewaktu-waktu atau anda membuka program khusus seperti Task Manager, anti virus dan lainnya
– Adanya logo tertentu jika anda klik kanan My Computer > Properties
– Hilangnya beberapa opsi di komputer atau program tidak bisa berjalan, seperti tidak bisa membuka Folder Options atau menunya hilang, tidak bisa menjalankan Registry Editor, Membuka kotak Run, Command Prompt dan lainnya
– Program Anti virus dan sejenisnya tidak bisa berjalan
– Terkadang muncul pesan-pesan aneh seperti puisi dan sejenisnya

Disini kami juga membantu anda menyediakan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi virus-virus yang menyerang komputer anda.

Jika virus yang sudah didiamkan saja lama-lama akan menjadi sangat ganas. Bahkan bisa jadi tak dapat ditangani oleh antivirus yang anda gunakan. Hal itu memang  sudah terbiasa terjadi dan dianggap wajar, sebenarnya hal itu terjadi pada komputer anda karena anda malas untuk membersihkan komputer anda.

Ada tips yang sangat ampuh untuk menghapus/membersihkan virus, jika berbagai Anti Virus yang anda gunakan sama sekali tidak berdaya melawannya. Berikut tipsnya untuk mengatasi masalah diatas :
– Cari lokasi virus, terutama asal virus ini berjalan di komputer (induknya). Jika mengalami kesulitan, bisa dibaca artikel tentang Tips mendeteksi keberadaan Virus- Setelah diperoleh, diperhatikan (catat) keterangan seperti ukuran file, tanggalnya (walaupun virus bisa berubah-ubah ukuran dan tanggalnya, tetapi sebagian ukuran dan tanggalnya selalu sama. Bisa dicari file yang sejenis dan dicatat lokasinya.
– Setelah didapat, gunakan salah satu Bootable CD dan restart komputer agar booting dari CD (Anda mungkin perlu menyetting BIOS-nya dulu agar Boot pertama kali CD/DVD-ROM).

– Buka program file manager, yang tersedia. Jika windowsnya NT, XP atau diatasnya, pastikan program tersebut mendukung membaca format NTFS
– Cari file virus dan hapus atau jika masih ragu, direname saja dari *.exe menjadi *.vrs (misalnya). Untuk menyakinkan, gunakan fasilitas search untuk mencari file dengan ukuran yang sama atau tanggal yang hampir sama. Jika ditemukan bisa direname
– Kembali restart komputer dan cek lagi

Jika cara diatas masih belum berhasil mungkin anda dapat menggunakan cara dibawah ini.

– Update antivirus anda secara rutin.

Cara tergampang melawan virus adalah menginstal program antivirus dengan update database virus terbaru. Kemudian lakukan scan terhadap komputer anda. Dan 1 hal yang harus anda ingat adalah perkembangan virus lebih cepat 1 langkah dari perkembangan antivirus. Oleh karena itu sering-seringlah anda untuk selalu mengupdate antivirus yang anda gunakan untuk mencegah adanya virus-virus baru yang belum dikenal oleh antivirus.

– Memakai MsConfig

MsConfig ini digunakan untuk memeriksa sistem komputer terutama pada tab start-up karena tab ini akan memuat info tentang program apa saja yang dijalankan saat booting awal dilakukan. Jika kita menemui nama program baru atau aneh, itu wajib anda waspadai. Jika yakin itu virus, hilangkan tanda chek list pada program yang dicurigai, kemudian restart komputer anda. Baru kemudian hapus file-file virus dengan cara biasa.

(Cara menjalankan program MsConfig yaitu klik Start, Run, pada kotak ketikan MsConfig dan tekan enter).

– Memakai regedit

Cara menjalankan program regedit yaitu klik Start, Run, pada kotak ketikan regedit dan tekan enter. Dengan regedit, anda sebenarnya bisa mencegah atau memutus proses virus. Karena virus umumnya memanfaatkan jasa registry dalam menjalan programnya. Bagian yang wajib diperiksa adalah :
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\ Run
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\ RunOnce
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\ RunOnceEx
HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\ Run
Jika pada registri tersebut terdapat program yang anda curigai virus, hapuslah.

– Memakai program pemeriksa proses
Apabila dengan MsConfig anda gagal dalam melakukan penelitian dan pengambilan keputusan, pergunakan Task Manager dengan cara tekan tombol Control + Alt + Del secara bersamaan. Perhatikan proses yang berjalan di tab Process. Matikan proses virus dengan cara klik proses yang dicurigai kemudian klik end process. Pada tab applications pilih program virus yang sedang aktif, matikan prosesnya dengan cara klik end task. Anda juga dapat menggunakan program lain seperti showkillproses, proses explorer, dll.

– Memunculkan Folder option yang hilang
Jalankan regedit. Hapus key pada registry atau ganti nilainya menjadi 0
“HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer\ NoFolderOptions”

– Memunculkan Find/Search dan Run yang hilang
Jalankan regedit.
“HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced\ Start_ShowSearch”
Ganti nilainya menjadi 1
“HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced\ Start_ShowRun”
Ganti nilainya menjadi 1
CreateIntegerKey “HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\ Policies\Explorer\ NoFind”
Ganti nilainya menjadi 0
CreateIntegerKey “HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\ Policies\Explorer\ NoRun”,
Ganti nilainya menjadi 0

– Bersihkan system restore tiap drive (C/D)
Caranya :
Klikkanan drive > propertis > disk cleanup > more option > clean up pada system restore

– Pulihkan registry
Pulihkan registry yang telah diotak-atik oleh virus. Jika tidak, maka virus dapat menginfeksi komputer Anda lagi. Gunakan Hijack This, Registry Cleaner, atau The Killer Machine. Hapus juga entry Scheduled Task yang dibuat oleh virus jika ada.

– Munculkan file-file yang disembunyikan virus
Virus pada umumnya tidak begitu kejam dengan menghapus dokumen-dokumen anda. Biasanya file-file tersebut hanya disembunyikan. Gunakan perintah attrib -s -h pada Command Prompt untuk memunculkannya kembali.

– Hati-hatilah saat melakukan transfer data baik melalui disket, USB Flash Disk, maupun dari jaringan
Tunjukkan file hidden dan ekstensi file pada Windows Explorer. Selain itu, jangan mudah tergoda oleh file-file dengan nama yang aneh.

Langkah-Langkah Menghapus Virus Dengan Cara Manual :
1. Untuk dapat menghapus file virus, matikan dulu prosesnya (lihat keterangan diatas).
2. Jalankan regedit, masuk ke registry pemicu program yaitu Run, RunOnce, RunOnceEx (lihat keterangan diatas). Hapus key dan value program virus. Restart.
3. Munculkan Run, Search/Find, folder option.
4. Cari file virus dengan menggunakan Find/Search *.exe dan pada size isi dengan ukuran file virus sedikit diatasnya dalam ukuran Kb untuk mempercepat proses pencarian.
5. Untuk mempermudah, munculkan folder hidden, file hidden dan extension file dengan menggunakan folder option di windows explorer, tool, folder option, View. Klik Show hidden file and folder, klik Hide extensions for known file type, klik Hide protected operating system file.
6. Hapus file virus. File virus biasanya mempunyai ukuran file yang sama dan tanggal pembuatan yang sama.

Gambar

tag info : https://multimediabulkam.wordpress.com/2013/04/24/cara-mengatasi-serangan-virus/

Istilah-istilah dalam informatika

Istilah dalam kamus besar adalah kata atau gabungan kata yang dengan cermat mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas dalam bidang tertentu. Dalam Dunia Informatika ada banyak istilah dan istilah-istilah ini pun di bagi dalam beberapa kelompok, Contohnya istilah dalam Komputer, Jaringan, Program, Internet/Dunia Maya. Berhubung Ilmu atau Wawasan Laksamana Embun dalam Dunia Informatika ini baru sedalam genangan air hujan di jalanan tapi mudah-mudahan dengan yang sedikit ini bisa bermamfaat bagi Bloggerawan/Pembaca semua. Berikut adalah Istilah-Istilah nya :

  1. Istilah dalam Komputer
  • Hang : Menggantung / Macet.
  • Soft copy : Salinan document dalam bentuk file.
  1. Istilah dalam Jaringan Komputer
  • Connect : Menghubungkan komputer ke jaringan.
  • Disconnect : Memutuskan hubungan komputer dengan jaringan.
  • TCP/IP : Transmission Control Protokol/Internet Protocol yaitu protokol yang beroperasi dalam bagian yang berbeda.
  • Gateway : Sebuah mekanisme yang menyediakan akses ke sebuahsistem lain yang terhubung dalam sebuah network.
  • DHCP : Dinamic Host Configuration Protocol, sistem yang di gunakan oleh ISP yang secara otomatis memberikan alamat IP baru pada pengguna yang melakukkan login.
  • Dial-Up : Jenis komunikasi antarkomputer dengan menggunakan saluran telepon dan modem.
  • FTP : File Transfer Protocol, yaitu protokol standar untuk kegiatan lalu lintas file (upload maupun download) antaradua komputer yang terhubung dengan jaringan Internet.
  • POP : POst Office Protocol, yaitu protokol yang di gunakan untuk mengambil e-mail di Internet.
  • ISP : Internet service Provider, yaitu perusahaan atau badan usaha yang menyediakan layanan internet.
  • URL : Uniform Resource Locator, yaitu cara penanaman alamat file di Internet.
  • WAP : Wireless Application Protocol yaitu : protokol yang di gunakan pada handphone atau PDA untuk mengakses internet dengan format text.
  • Proxy Server : Server yang menjabatani komputer-komputer dalam suatu jaringan agar terhubung dengan internet.
  • DSL : Digital Subscriber Line, Merupakan teknologi yang mampu menyediakan bandwidth
  1. Istilah dalam Dunia Maya
  • Netter : Seorang atau organisasi yang menggunakan Internet.
  • Cyberspace : Istilah lain dari dunia maya di internet.
  • Cybercrime : Kejahatan yang terjadi di Internet.
  • Cyberlaw : Hukum yang berlaku di dunia maya.
  • Download : Menyalin file atau program dari situs internet ke media penyimpanan lain seperti flashdisk.
  • Upload : Mengirim file atau program dari komputer lokal ke komputer sistem jaringan internet.
  • Update : Memperbaruhi program.
  • E-payment : pembayaran melalui media Internet.
  • Paypal : Bank di Dunia Maya.
  • Spider : Istilah yang di gunakan untuk mesin pencari di Internet.
  • Surfing : Menjelajahi Dunia Maya/Internet.
  • Spam : Pesan tidak di inginkan yang masuk ke alamat e-mail.
  • Hoax : E-mail yang berasal dari sumber yang tidak jelas dan biasa nya tidak benar.
  1. Istilah dalam Pemograman.
  • Hacker : Seseorang yang ahli dalam bidang penguasaan sistem.
  • Cracker : Seseorang yang membuat program untuk menembuas sistem keamanan atau sistem komputer secara ilegal.
  • Coding : Penulisan Program
  • Debugging : Kesalahan dalam coding.
  • Compiling : Proses penerjemahan ke bahasa mesin.
  • Flow Chart : Salah satu tool untuk mereferensikan algoritma.
  • HTML : Hyper Text Markup Language yaitu bahasa pemograman untuk membuat web.

tag info : http://ludhi03.blogspot.co.id/2012/10/istilah-istilah-dalam-informatika.html

Teknik – Teknik Akuntansi Keuangan Sektor Publik

Terdapat beberapa teknik akuntansi keuangan yang dapat diadopsi sektor publik, yaitu :

1)     Akuntansi Anggaran

2)     Akuntansi Komitmen

3)     Akuntansi Dana

4)     Akuntansi Kas

5)     Akuntansi Akrual

Pada dasarnya kelima teknik akuntansi tersbut tidak bersifat mutually exclusive. Artinya, penggunaan salah satu teknik akuntansi tsb tidak menolak penggunaan teknik yang lain. Dengan demikian, suatu organisasi dapat  menggunakan teknik akuntansi yang berbeda – beda, bahkan dapat menggunakannya kelima teknik dalam waktu yang bersamaan.

Akuntansi kas, akuntansi akrual, dan akuntansi komitmen berbeda satu dengan lainnya karena adanya perbedaan waktu pengakuan pendapatan dan biaya. Dalam hal pengakuan pendapatan, pada dasarnya terdapat dua langkah yang mempengaruhi pencatatan, yaitu pada saat barang dikirim dan faktur dikeluarkan, dan pada saat barang dikirim dan faktur dibayar.

  1. Akuntansi anggaran

Akuntansi anggaran ( budgetary accounting ) mengacu pada praktik yang dilakuakan oleh banyak organisasi sektor publik, khususnya pemerintah dalam upaya menyajikan akun-akun operasinya dengan menggunakan format yang sama dengan anggarannya. Tujuan praktik ini adalah untuk menekankan peranan anggaran dalam siklus perencanaan-pengendalian-pertanggungjawaban.

Ide dibalik akuntansi anggaran ini adalah untuk kemudahan. Kesulitan biasanya muncul karena organisasi yang berbeda biasanya mengadopsi format pelaporan yang berbeda pula. Hal ini disebabkan oleh suatu fakta bahwa perbedaan intrinstik antara jasa yang diberikan dalam organisasi yang berbeda telah tercermin dalam anggaran mereka.

Hasil yang lebih bermakna dapat diperoleh dengan membuat akun-akun anggaran yang diklasifikasikan dengan cara tertentu yang spesifik terhadap jasa tertentu namun hal ini menyebabkan ketidakseragaman dalam format akuntansi anggaran. Ada masalah signifikan bahwa organisasi yang berjenis sama dan memberikan jasa yang sama mungkin memiliki perlakuan yang berbeda walaupun akuntansi anggaran telah diadopsi oleh mereka. Hal ini timbul karena ada dua masalah, yaitu :

  1. Level agregasi

Contoh yang baik di mana level agregasi yang diadopsi oleh akun-akun anggaran mempengaruhi daya bandingnya ada di pemerintah daerah. Satu otoritas mungkin menerbitkan akun-akun anggarannya untuk jasa pendidikan secara keseluruhan.

Kekurangan lain dari akuntansi anggaran terletak pada seberapa sering. atau seberapa intensifkah laporan keuangan membandingkan antara anggaran dengan yang aktual terjadi dan menjelaskan perbedaannya. Banyak organisasi yang membuat akun-akun anggaran seiring dengan anggaran namun hanya membandingakan dua diantaranya secara global. Contoh, akun-akun dan anggaran mungkin saja dibuat secara detail tetapi hanya total pembelanjaan bersih untuk setiap divisi yang memberikan jasa tersebut saja yang dibandingkan dengan anggaran, menunjukan apakah ada pembelanjaan yang kurang atau berlebih untuk semua akun, namun hanya untuk menjelaskan perbedaan yang signifikan. Perbedaan yang jumlahnya melebihi presentase atas anggaran yang telah ditetapkan sebelumnya namun tidak dapat dijelaskan oleh perubahan tingkat harga umum.

  1. Logika dari akuntansi anggaran

Logika dari akuntansi anggaran adalah bahwa anggaran dan akun-akun harus dibandingkan secara berkesinambungan sehingga tindakan dapat diambil untuk memperbaiki perbedaan tersebut. Hal ini berlaku bagi pengguna eksternal dan internal dari informasi. Dengan melaporkan hanya dua kolom ( anggaran dan aktual saja), tidak hanya tujuan utama dari akuntansi anggaran ini saja yang tidak dapat tercapai, melainkan akan memerlukan banyak waktu untuk menjawab pertanyaana pengguna yang spesifik atas perbedaan yang dapat di hindarkan apabila akun-akun itu sendiri telah menyediakan analisis yang releven. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah bahwa akuntansi anggaran lebih berfokus pada bentuk akunnya dari pada isinya.

  1. Akuntansi Komitmen

Akuntansi komitmen ( commitment accounting ) dapat digunakan bersama, baik dengan basis akuntansi kas maupun akrual. Karena tidak masuk akal untuk menggunakan akuntansi komitmen tersebut untuk beban karyawan, maka akuntansi komitmen hanya mencakup salah satu bagian kecil dalam anggaran organsisasi. Sebagai konsekuensinya, akuntansi komitmen ini hanya merupakan subsistem dalam sistem akuntansi utama organisasi. Meskipun demikian, akuntansi komitmen ini dapat menjadi sangat penting, terutama bagi pemegang anggaran.

Akuntansi komitmen mengakui transaksi ketika organisasi telah memiliki komitmen untuk melaksanakan transaksi tersebut. Ini berarti bahwa transaksi tidak diakui ketika ada penerimaan atau pengeluaran kas, juga bukan pada saat faktur diterima atau dikirimkan, namun pada saat yang lebih awal, yaitu pada saat pesanan dibuat atau diterima.

Sebagai contoh, misalnya manajer memesan 100 kotak kapur tulis. Manajer ini telah menentukan pemasok mana yang akan dipilih dan harga sekarang dari kapur ini, misalnya  adalah Rp. 5000 per kotak. Ketika pesanan dibuat dan dikirimkan kepada pemasok untuk 100 kotak kapur dengan harga Rp. 5000 per kotaknya, manejer mendebit beban. Ada bermacam-macam faktor yang mempengaruhi jumlah dari faktur yang kemudian akan diterima, seperti mislanya pemasok tidak memilki 100 kotak kapur, harga yang kemudian berubah atau asumsi harga yang salah dari manager. Maka kreditnya tidak menuju pada pemasok ( bukan utang atau kas yang diberikan kepada pemasok) namun pada akun pemesanan sebagai berikut :

Kapur                                               500.000

Pesanan kepada pemasok             500.000

Ketika faktur atas kapur tersebut sudah diterima, maka jurnalnya menjadi :

Pesanan kepada pemasok               500.000

Utang kepada pemasok                   500.000

Kalau barang yang dikirimkan atau jumlah fakturnya lebih atau kurang dari jumlah yang dicatat dalam suatu pesanan, jurnal koreksi harus dibuat, misalnya ternyata harga kapur tersebut bukan Rpp.5000, tetapi Rp 5.500, maka jurnlanya sebagai berikut :

Pesanan kepada pemasok              500.000

Kapur                                                 50.000

Utang kepada pemasok                   550.000

Dengan menggunakan sistem ini, organisasi mengakui pesanan sebagai komitmen untuk menimbulkan pengeluaran dan akun ini mencatat komimen secara berkesinambungan.

Kritik atas akuntansi komitmen

Fungsi utama dari akuntansi komitmen adalah dalam kontrol anggaran. Gagasannya adalah bahwa akun-akun bulanan yang mencatat hanya faktur yang diterima atau dibayar memberikan hanya sedikit nilai terhadap proses pengambilan keputusan. Agar manajer dapat mengendalikan anggraan mereka, mereka perlu mengetahui seberapa besar anggaran yang telah menjadi komitmen dalam hubungan dengan pesanan yang dibuat. Kalau manajer hanya menerima akun-akun yang mencakup penerimaan dan pembuatan faktur saja, maanjemen dapat dengan mudah menjadi terlalu terpaku atau terlalu berkomitmen ( over commited ) kepada anggarannya. Tentu saja manajer yang berhati-hati akan mengetahui bahwa akun-akun tersebut tidak memasukan pesanan yang telah dibuat namun fakturnya belum diterima, dan akan membuat catatan meraka sendiri mengenai hal ini sehingga mereka tidak membuat anggaran mereka over committed.

Karena berkaitan dengan fungsi utamanya, akuntansi komitmen berfokus pada pesanan yang telah dibuat. Pesanan yang diterima yang berhubungan dengan pendapatan, tidak akan di catat sampai faktur dikirimkan. Masalah pengendalian anggaran tidak mempengaruhi pendapatan dengan cara yang sama seperti halnya pengendalian anggaran memenuhi beban.

Walaupun ada kasus yang menyatakan bahwa akuntansi komitmen meningkatkan pengendalian anggaran adalah baik, ada masalah yang turut terlibat dalam mengadopsi akuntansi komitmen ini dalam akun-akun. Masalah ini adalah bahawa pos tertentu yang telah di dukung oleh pengiriman pesanan akan dicatat sebagai beban. Secara umum, tidak ada kewajiban hukum yang ditimbulkan dan pesanan tersebut dapat di batalkan dengan mudah. Maka sulit untuk menerima bahwa pesanan ini adalah beban untuk pariode akuntansi di mana pesanan tersebut baru dibuat.

Terdapat banyak masalah yang timbul dalam akuntansi berbasis akrual yang lebih berbahaya ketika organisasi menerapkan sistem akuntansi komitmen ini. Misalnya, ada manajer yang anggarannya masih di bawah batas maksimal sebulan sebelum akhir tahun anggraan. Manajer mengetahui bahwa level normal dari pembelanjaan akan membuat pengeluaran anggaran terlalu rendah ( under-spent) dan hal ini dapat menyebabkan anggaran tahun berikutnya menjadi berkurang. Dalam akuntansi akrual, untuk memastikan bahwa seluruh anggaran di belanjakan, maka pesanan tambahan akan diajukan dan faktur yang diterima  akan dicatat. Hal ini menjadi masalah, namun setidaknya dibatasi oleh waktu mulai dari pesanan diajukan sampai dengan faktur tersebut  diterima.

Jika menggunakan akuntansi komitmen, manajer dapat dengan mudah mengeluarkan pesanan saat mendekati akhir tahun anggaran untuk menghabiskan anggaran tersebut. Sementara, kecil kemungkinannya untuk mencegah pesanan dibatalkan setelah tahun anggaran dalam akun-akun tertentu.

Jika akuntansi komitmen diadopsi selama tahun anggaran, konveksi dari akuntansi komitmen menjaid akrual biasa pada akhir tahun adalah sebagai berikut :

Pesanan yang dibuat           xxx

Belanja ABC                          xxx

Belanja XYZ                          xxx

Jurnal ini dibuat untuk pesanan yang telah dibuat namun fakturnya beluum diterima pada akhir tahun. Jurnal ini akan dibalik dalam tahun anggaran yang baru sehingga akun yang di catat kembali menjadi komitmen yang di catat.

  1. Akuntansi  Dana

Sumber daya keuangan berupa dana yang disediakan untuk digunakan oleh organisasi nirlaba atau institusi pemerintah biasanya mempunyai keterbatasan penggunaan dalam arti dana-dana tersebut dibatasi penggunaannya untuk tujuan atau aktivitas tertentu yang terkadang merupakan syarat dari pihak eksternal yang merupakan penyedia dana.

Tidak seperti perusahaan swasta yang mencari laba, organisasi sektor publik mempunyai tujuan-tujuan yang spesifik. Dengan latar belakang seperti itu perusahaan swasta dapat mengyunakan sumber daya yang dimiliki untuk keperluan apapaun yang penting bagi meraka adalah adanya laba yang berbeda dengan organisasi sektor publik dimana sumber daya yang ada harus digunakan dengan tujuan tertentu.

Contohnya pemerintah meneriman pinjaman dari world bank ( bank dunia ) sebesar RP.10 miliar untuk pembangunan jalan dan jembatan. Maka, tidak ada pilihan lain bagi pemerintah selain menggunakan dana  RP. 10  miliar tersebut untuk pembangunan jembatan dan jalan.

Secara umum, sangat lazim jika dari keseluruhan dana yang dipunyai organisasi sektor publik, masing-masing mempunyai tujuan tersendiri dalam penggunaannya, baik karena faktor eksternal ( pembatansan eksternal ) faktor internal ( perencanaan manajeman ), merupakan karena peraturan.

Untuk mengakomodasi keadaan itu, organisasi sektor publik membuat dana-dana (funds) dalam sistem akuntansinya. Pemasukan yang dimiliki organisasi sektor publik kemudian diklasifikasikan ke dalam dana-dana tersebut sesuai dengan tujuan dan maksud tertentu. Sistem dana ini dimaksudkan sebagai alat kontrol apakah suatu dana tertentu telah digunakan sesuai dengan tujuannya.

Adanya keterbatasan penggunaan dana memberikan implikasi akan suatu kewajiban untuk memberikan pertanggungjawaban kepada pihak penyedia dana ( donatur). Oleh karena itu organisasi-organisasi nirlaba dan institusi pemerintah menggunakan akuntansi dana ( funds accounting ) untuk mengontrol dana yang terikat atau dibatasi penggunaannya(restriced funds) tersebut sekaligus untuk menjamin adanya ketaatan atas persyaratan yanga ada.

Dana adalah sebuah kesatuan akuntansi tersendiri yang terpisah berdasarkan tujuan tertentu. Dalam satu dana itu, terdapat kesatuan akun sendiri yang terdiri atas aset ( aktiva). Kewajiban dan ekuitas dana. Dengan demikian, sumber daya suatu organisasi sektor publik  yang terdiri atas dana-dana tersebut dapat di gambarkan dalam gambar berikut :

Penggunaan istilah dana bagi organisasi nirlaba dan institusi pemerintah berbeda dengan istilah dana yang sering digunakan oleh entitas swasta. Bagi perusahaan komerisal, dana adalah bagian dari aktivanya yang dicadangkan karena akan di gunakan atau dialokasikan untuk tujuan tertentu. Sedangkan bagi organisasi nirlaba dan kalangan instansi pemerintah, dana adalah suatu entitas akuntansi tersendiri.

Dari kesatuan dana-dana yang dimiliki organisasi sektor publik dapat digolongkan menajdi dua yaitu:

v  Dana yang bisa dibelanjakan ( expendable funds)

Dana yang disediakan untuk membiayai aktivitas-aktivitas yang bersifat non-business yang menjadi bagian dari tujuan organisasi sektor publik.

v  Dana yang tidak bisa dibelanjakan (nonexpendable funds)

Dana yang dipisahkan untuk aktivitas-aktivitas yang bersifat bisni. Digunakan sebagai pendukung dari expendable funds.

Persamaan Akuntansi Dana

Dalam akuntansi dana dikenal dnegan persamaan akuntansi sebagai berikut :

 

Persamaan tersebut tentu saja berbeda dengan persamaan akuntansi yang kita kenal pada akuntansi keuangan yang digunakan dalam perusahaan komersial yang berupa :

 

Disini terdapat perbedaan yang mendasar antar ekuitas dana dan ekuitas. Di perusahaan selisih antara aktiva dan utang adalah ekuitas yang menunjukan adanya kepemilikan pada perusahaan tersebut oleh pemegang sahamnya. Sementara itu, di organisasi sektor publik, ekuitas dana tidak menunjukan adanya kepemilikan siapapun karena memang tidak ada  kepemilikan individu dalam suatu organisasi sektor publik.

Basis Akuntansi dan Fokus Pengukuran

Dalam akuntansi dana dikenal istilah basis akuntansi dan fokus pengukuran . basisi akuntansi menentukan kapan transaksi dan peristiwa yang terjadi diakui. Contoh, bila organisasi mengadopsi basis akrual penuh, transaksi diakui ketika transaksi tersebut memiliki dampak ekonomi yang subtantif. Kalau yang diadopsi adalah basis kas, transaksi diakui kalau kas yang berhubungan dengan transaksi tersebut diterima atau dibayarkan.

Fokus pengukukurana dari suatu entitas akuntansi menentukan apa yang akan dilaporkan , dengan kata lain jenis aktiva dan kewajiban apa saja yang diakui secara akuntansi dan di laporkan dalam neraca. Konsep basis akuntansi dan fokus pengukuran ini berhubungan erat dan pemilihan salah satu akan mengimplikasikan pemilihan yang lain. Contoh kalau basis kas yang dipilih, maka fokus pengukurannya juga atas kas saja, sehingga implikasinya hanya aktiva lancar kas yang di laporkan dalam neraca. Perubahan dalam aktiva tetap dan kewajiban jangka panjang tidak diakui. Misalnya sebuah organisasi membeli kendaraan seharga Rp.200 juta, jurnal yang terjadi kalau menggunakan basis kas dengan fokus pengukuran kas jangka pendek adalah.

Belanja kendaraan    200.000.000

Kas                              200.000.000

Dengan cara tersebuut pemerintah tidak akan melaporkan kendaraan sebagai aktiva di neracanya. Pemerintah akan mencatat baik kenaikan maupun penurunan kas di laporan Pendapatan dan Belanja ( fund’s statement of revenues and expenditure ) atau laporan yang sebanding yang menjelaskan perubahan dlaam saldo dana. Dampaknya, kendaraan akan dibebankan seluruhnya pada waktu dibeli. Yang nantinya akan ditutup ke ekuitas dana ( fund balance).

Jika suatu entitas mengadopsi basis akrual penuh seperti diharuskan untuk perusahaan, maka fokus pengukurannya biasanya meliputi smeua sumber daya ekonomi dan neracanya akan melaporkan semua aktiva dan kewajiban, baik lancar maupun tidak lancar.perubahan dalam aktiva tetap bersih dan kewajiban jangka panjang diakui sebagai pendapatan atau beban. Misalnya, sebuah organisasi membeli kendaraan seharga Rp 200 juta, jurnal yang terjadi kalau menggunakan basis akrual penuh adalah:

Kendaraan     200.000.000

Kas                  200.000.000

Di banyak lingkungan pemerintahan, basis ekuntansi dan fokus pengukuran menjadi permasalah tersendiri yang sering kali menjadi perdebatan. Hal tersebut muncul karena banyak entitas pemerintahan yang menggunakan anggaran dengan berbasis kas sehingga dibutuhkan data realisasi anggaran yang berbasis kas pula. Dalam konteks tersebut, dikembangkanlah basis akuntansi berupa basis kas yang akan menghasilkan informasi  yang bersifat jangka pendek. Permaslahan muncul karena entitas tersebut juga dituntut untuk menyusun neraca yang juga menyajikan informsi yang bersifat jangka panjang ( aktiva tetap dan utang jangka panjang). Dengan kata lain. Dalam lingkungan pemerintahan seperti itu, ada tuntutan untuk menggunakan basis kas dengan fokus pengukuran jangka panjang. Dari sinilah berkembang basis akuntansi yang disebut dengan basis kas yang dimodifikasi ( cash modified basis).

Dengan basis kas yang dimodifikasi tersebut, transaksi pembelian kendaraan senilai Rp. 200 juta akan dicatat dalam dua kali penjurnalan, yaitu :

(1)    Belanja kendaraan           200.000.000

Kas                                     200.000.000

(2)    Kendaraan                        200.000.000

Kas                                    200.000.000

Jurnal kedua dilakukan untuk memenuhi tuntunan fokus pengukuran jangka panjang.

Terlepas dari apakah suatu entitas melaporkan aktiva dan kewajiban jangka panjang di neraca dananya, entitas tersebut harus melakukan kontrol akuntansi atas aktiva dan kewajiban tersebut. Manajemen dan konstituen lain mungkin ingin tahu dengan semua sumber daya dan kewajiban entitas tersebut dan tidak hanya ingin tahu atas aktiva dan .

kewajiban yang ada di neraca saja, oleh karena itu, entitas wajib membuat catatanakuntansi atas aktiva dan kewajiban serta memasukan dalam laporan keuangan suatu skedul yang tidak hanya menyatakan mengenai aktiva dan kewajiban tersebut namun juga menunjukan perubahannya dalam tahun tersebut.

  1.    Akuntansi Kas

Penerapan akuntansi kas, pendapatan dicatat pada saat kas diterima dan pengeluaran dicatat pada saat kas dikeluarkan. Kelebihan cash basis adalah mencerminkan pengeluaran yang riil, actual, dan objektif. Namun, GAAP tidak membenarkan pencatatan dengan dasar kas karena tidak dapat mencerminkan kinerja yang sesungguhnya. Dengan cash basis tingkat efisiensi dan efektifitas suatu kegiatan, program, aktivitas tidak dapat diukut dengan baik.

Sebagai contoh, penerimaan kas dari pinjaman akan dicatat sebagai pendapatan (revenue) bukan utang. Untuk mengoreksi hal tersebut kebanyakan sistem akuntansi kas tidak hanya mengakui kas saja tapi juga mengakui aktiva dan utang yang timbul sebelum terjadi transaksi kas. Namun, koreksi semacam ini tidak dapat mengubah kenyataan setiap waktu,obligasi yang beredar dalam bentuk kontrak atau order pembelian yang dikeluarkan tidak tampak pada catatan akuntansi. Konsekuensinya adalah saldo yang tercatat akan dicatat overstated. Hal tersebut dapat mengakibtkan pemborosan anggaran.

  1.      Akuntansi akrual

Akuntansi akrual dianggap lebih baik daripada akuntansi kas. Teknik akuntansi akrual diyakini dapat menghasilkan laporan keuangan yang lebih dapat dipercaya, akurat, komprehensif, dan relevan untuk pengambilan keputusan ekonomi, social, politik.

Basis akrual diterapkan agak berbeda antara properiority fund (full accrual) dan governments fund (modified accrual) karena biaya (expense) diukur dalam properiority fund, sedangkan expendituredifokuskan pada general fund.

Expense adalah jumlah sumber daya yang dikonsumsi selama periode akuntansi. Expenditure adalah jumlah kas yang dikeluarkan dan atau dialokasikan selama periode akuntansi. Karena governments fundtidak memiliki catatan modal dan utang (dicatat dan dikategorikan dalam aktiva tetap dan utang jangka panjang), expenditure yang diukur, bukan expense.

Berbeda dengan governments fund, yang menjadi kepenting-an properiority fund dan juga organisasi bisnis adalah net income. Full accrual accounting digunakan untuk mencatat revenue ketika diperoleh (earned) dan biaya (expense) pada saat terjadi (incurred). Dengan kata lain, biaya dicatat ketika utang terjadi tanpa memandang kapan pembayaran dilakukan.

Pada governmental fund, hendaknya digunakan modified accrual basis. Expenditure di – accrued tetapirevenue dicatat berdasarkan cash basis yaitu pada saat diterima bukan pada saat diperoleh. Pendapatan seperti PPN, PPh, dan fee retribusi dihitung pada saat kasnya. Salah satu pengecualian adalah property tax (PBB) yang diaccrued karena jumlahnya dapat diestimasi secara lebih pasti.

Pengaplikasian accrual basis dalam akuntansi sektor publik pada dasarnya adalah untuk menentukancost of service dan charging of service yaitu untuk mengetahui besarnya biaya yang dibutuhkan untuk menghasilkan pelayanan public serta penentuan harga pelayanan yang dibebankan ke publik. Hal ini berbeda dengan tujuan pengaplikasian accrual basis dalam sektor swasta yang dapat digunakan untuk mengetahui dan membandingkan besarnya biaya terhadap pendapatan (proper matching cost against revenue). Perbedaan ini disebabkan karenan pada sektor swasta orientasi lebih difokuskan pada usaha untuk memaksimumkan laba (profit oriented) sedangkan pada sektor publik orientasi difokuskan pada optimalisasi pelayanan publik (public service oriented).

Sumber : Mardiasmo (2009) “Akuntansi Sektor Publik” Ed. IV, Yogyakarta : C.V Andi Offset

003586500_1411788924-it

7 Keahlian IT yang Banyak Dicari Hingga Saat Ini

Di era saat ini perkembangan dunia teknologi sangat cepat, sumber daya manusia yang ada pun mengikuti pergerakan kemajuan di bidang IT yang cakupanya sangat luas.

Memang orang yang bergelut di dunia IT ini sangat diperlukan, karena di setiap perusahaan pasti membutuhkan seorang IT. Namun, orang yang bergelut di dunia IT ini dituntut untuk selalu memperbarui ilmu dan pengetahuanya karena perkembangan teknologi yang sangat pesat itu tadi.

Dalam dunia pekerjaan IT terbagi menjadi beberapa sub keahlian, seperti beberapa survey yang dilakukan ReadWrite tentang keahlian IT yang paling banyak dicari hingga saat ini. Masih banyak sekali dan akan terus bertambah untuk keahlian yang dibutuhkan dalam dunia pekerjaan ini. Nah penasaran bukan keahlian IT yang paling banyak dicari sekarang ini apa saja? berikut ulasanya.

1. Programer Dekstop dan Web

Dalam dunia teknologi, sektor utama yang melahirkan kejayaan teknologi adalah seorang programer karena mereka yang melakukan riset tentang terciptanya teknologi baru dan lebih canggih.

2. Technical support komputer

Dalam dunia teknologi ini pasti selalu bertambah teknologi atau sistem yang terbaru, dan pastinya menuntut perusahaan untuk menggunakan sistem tersebut. Dalam hal ini mereka sangat membutuhkan technical support untuk mengatasi suatu masalah dalam pekerjaan itu.

3. Konten writer yang handal

Untuk kedepanya banyak perusahaan yang membutuhkan orang yang aktif dan memiliki insting komunikasi yang tepat dan dapat menyampaikan beberapa informasi maupun promosi yang tepat untuk konsumen. Tentunya konten writer ini di tuntut untuk menjadi sebuah jembatan antara produk yang dihasilkan ke konsumen.

4. Teknologi jaringan

Hampir disetiap tempat sekarang ini selalu terkoneksi dengan yang namanya WiFi. Nah karena itu untuk Anda yang memang ahli dalam bidang jaringan sangat dibutuhkan untuk hal ini guna tetap terkoneksinya jaringan ini.

5. Programer aplikasi mobile

Untuk sekarang ini masih cenderung ke aplikasi mobile android, karena disamping sistem operasi ini mengusung open source. Jadi banyak yang menggunakan serta mengambangkanya dan programer android ini tergolong masih kecil di Indonesia. Maka memang banyak perusahaan yang membutuhkan orang yang memang berkompeten di bidang android ini.

6. Ahli Dalam bidang Cloud Computing

Semakin berkembangnya teknologi di Indonesia ini, semakin banyak juga perusahaan yang beralih ke sistem yang lebih baik dan lebih aman. Seperti halnya sistem cloud computingini atau komputasi awan yang memang semakin disukai perusahan dan dibalik itu semua orang yang ahli dibidang ini sangat diperlukan guna menunjang jalanya sistem ini. Terlebih dari itu cloud computing ini sangat berhubungan dengan data perusahaan jadi benar-benar membutuhkan tenaga yang ahli dan banyak juga.

7. Orang yang Paham dengan HTML, CSS, dan lainya

Untuk devinisi ini berbeda loh dengan web programer, orang yang memiliki kemampuan ini mendapatkan tempat yang berbeda dengan web programer. Dalam keahlian ini mendapatkan tugas untuk menjaga kualitas konten suatu web agar lebih terjaga dan selau terbaharui dan dapat menyesuaikan dengan kondisi teknologi yang selalu terbaharui.

 

tag info : http://citizen6.liputan6.com/read/2111028/7-keahlian-it-yang-banyak-dicari-hingga-saat-ini

4 Cara Kembangkan Keterampilan Pemasaran

Kegiatan pemasaran telah berkembang banyak selama dekade terakhir. Di era perkembangan teknologi, banyak kesempatan datang di dunia pemasaran, terutama dalam hal karir. Kesempatan ini pun harus dimanfaatkan.

Keterampilan sendiri merupakan titik tumpu dalam lintasan karir. Untuk pemasar, keterampilan dalam marketing harus mencakup pembangunan infrastruktur pemasaran, proses dan keterampilan untuk membuat konten hingga menganalisis hasil.

Melansir dari marketingland.com, Jumat (25/3/2016) berikut 4 keterampilan marketing yang bisa membawa karir Anda ada satu tingkat lebih maju.

Memahami Teknologi

Sebesar 39 persen dari eksekutif pemasaran mencari bakat di bidang teknologi digital dan operasi pemasaran teknologi. Keterampilan teknologi mengarahkan keterlibatan pemasaran melalui marketing automation, prediksi analitis and SEO.

Teknologi pemasaran terus berkembang seiring waktu. Untuk bisa beradaptasi, pemasar harus memiliki pengetahuan tentang komponen-komponennya agar dapat saling mencocokkan. Tanpa keterampilan di bidang teknologi, pemasar akan terbatasi ruang geraknya.

Memperluas Kreativitas

Salah satu tanggung jawab bagian marketing adalah mengetahui perubahan dalam pasar. Mereka akan dihadapkan dengan berbagai tantangan. Pemasar yang ingin bertahan harus mencari cara untuk memecahkan masalah secara kreatif.

Misalnya, pemasar membutuhkan keterampilan kreatif dalam menganalisis data untuk menentukan saluran yang digunakan untuk berkomunikasi. Dengan begitu, dia akan mempertahankan relasi yang baik dengan konsumen. Kreativitas diperlukan untuk mempertahankan integritas brand.

Asah Kemampuan Analitis

Salah satu tren analisis dalam pemasaran adalah data mining dan analisis untuk mencari tahu apa yang pelanggan lakukan dan memprediksi kejadian di masa depan.

Kemampuan analitis diperlukan untuk memvalidasi dan menyelidiki data-data di pasaran. Keterampilan ini juga termasuk transisi dari analisis intelijen, mengendalikan pelanggan melalui metadata dan memahami pelanggan dari berbagai perspektif.

Asah Kemampuan Komunikasi

Hampir setiap pekerjaan memiliki persyaratan untuk bisa melakukan komunikasi secara tertulis dan lisan. Ini dikarenakan komunikasi menjadi hal penting dalam menentukan dan melaksanakan strategi organisasi. Keterampilan komunikasi yang kuat adalah kunci untuk keberhasilan pemasaran. Dengan komunikasi lisan meupun tertulis akan memperjelas tujuan, tanggung jawab, bahkan rencana kesuksesan.

 

tag info : http://bisnis.liputan6.com/read/2466178/4-cara-kembangkan-keterampilan-pemasaran